5 Cara Menciptakan Memorable & Powerful Brand
19 Nov

5 Cara Menciptakan Memorable & Powerful Brand

By Admin

Jika kita ingin mencari brand running shoes terbaik, pasti yang terlintas langsung Nike dan Adidas. Pun demikian halnya ketika ingin mencari coffee shop, pasti yang teringat langsung Starbucks. Ya, Ketiganya memang masuk dalam jajaran memorable dan powerful brand di dunia. 

Menciptakan powerful brand tentunya bukan perkara gampang. Anda harus membangun beberapa aspek agar membuat kedekatan dengan konsumen, hingga mereka selalu teringat dengan brand yang Anda miliki.  Mulailah dari digital marketing yang baik di media sosial untuk meningkatkan traffic. Seperti apa selengkapnya? Yuk, simak ulasannya berikut ini. 

1. Buatlah membership 

Anda bisa membuat membership yang terhubung dengan website atau online brand community. Para konsumen yang membeli produk Anda bisa melontarkan pertanyaan dan problem yang dialami. Terciptanya diskusi antara brand dan konsumen memang memberikan banyak keuntungan, seperti: 

- Menyediakan beragam informasi brand yang bisa diakses oleh konsumen. 

- Mengetes produk dan ide baru untuk menciptakan produk yang lebih baik. 

- Mengurangi biaya customer support staff. 

- Meningkatkan retensi pelanggan dan frekuensi pembelian produk.  

- Menghasilkan repeat purchases. 

Membangun membership platform memang dapat membuat pelanggan lebih loyal pada brand Anda, dan tentunya perlahan dapat membentuk memorable brand. 


2. Adakan giveaway contest

Giveaway contest pada media sosial telah terbukti efektif meningkatkan impression dari audience. Anda hanya perlu berinvestasi pada hadiah giveaway dan contest-creation tool. Konsultasikan dengan ahli digital marketing seberapa efektif Anda untuk menjalankan giveaway contest. 

Beberapa hal berikut ini yang bisa brand Anda raih ketika melakukan strategi giveaway contest; 

- Atensi media sosial seperti engagement likes, share dan komentar dari campaign yang Anda jalankan. 

- Meningkatkan traffic website & email subscribers. 

- Meningkatkan penjualan produk. Buatlah campaign yang membuat pelanggan terhubung langsung dengan brand yang Anda miliki. 


3.  Leverage content 

Sebuah konten sangat erat kaitannya dengan brand image Anda. Sebaiknya, Anda menciptakan konten yang relevan dengan ciri khas brand yang Anda miliki. Konten yang berkualitas baik menawarkan real value untuk calon pelanggan. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mendefinisikan brand dalam konten Anda. 

Buatlah konten yang interaktif yang dapat membangun komunikasi antara brand dan pelanggan. Selain giveaway seperti poin nomor dua, Anda juga bisa mengunggah konten seperti kuis atau jejak pendapat untuk mendapat tanggapan langsung tentang brand dari pengguna. 

Bagikan konten seperti testimonial dari pengguna. Yap, hal ini jelas membuat pengguna turut dilibatkan dan bisa membuat mereka loyal terhadap brand yang Anda miliki. Selain itu, testimonial langsung dari pengguna membuat calon konsumen jauh lebih mempercayai brand yang Anda miliki karena dianggap sebagai bukti sosial yang nyata. .

Buatlah blog yang berisi tentang product knowledge & aktivitas marketing sangat penting untuk calon konsumen memvalidasi brand Anda. Ciptakan blog yang ramah dengan SEO yang berkaitan dengan brand Anda hingga menciptakan traffic yang baik ketika calon konsumen mencarinya secara organik di mesin pencari. Ciptakanlah konten yang sederhana dan mudah diingat dengan tata bahasa yang baik sesuai EYD. Hal ini agar brand Anda mampu dipercaya. 


4. Merangkul users lewat media sosial

Media sosial adalah platform terbaik untuk membuat brand Anda memorable. Anda bisa membagikan konten dalam berbagai format yang mendefinisikan produk Anda atau masih ada kaitannya dengan brand image Anda. Bisa dalam bentuk artikel, foto maupun video. Dua hal yang harus Anda perhatikan yaitu tata bahasa yang simpel dan ciptakan persona. 

Persona untuk brand Anda sangat berguna untuk membuat komunikasi konsisten. Tetapkan brand tone dari brand Anda agar mudah diingat sebagai ciri khas oleh pelanggan. 


5. Design with care

Desain bukan semata-mata visual untuk menampilkan brand yang Anda miliki. Tapi bisa menjadi ‘alat’ untuk membuat brand Anda powerful dan memorable, asalkan Anda fokus pada konsistensi warna, tulisan, logo serta persona brand Anda.

Komposisi warna dalam desain sangat erat kaitannya dengan psikologis pelanggan melihat brand Anda, bagaimana mereka beranggapan dini tentang brand dari visualisasi desain yang Anda berikan. Lakukan pendalaman psikologi sebelum menentukan tone warna yang akan Anda gunakan untuk brand Anda. Pastikan beberapa aspek seperti profesionalitas, kehangatan, integritas, dan lainnya. 

Seperti halnya warna, font yang Anda gunakan dalam desain juga harus senantiasa diperhatikan agar tetap terlihat profesional. Untuk logo sendiri sebaiknya Anda melibatkan tim profesional agar brand Anda memiliki power untuk mencapai pangsa yang diinginkan. Selamat mencoba!