Pengertian Digital Marketing, Sejarah & Jenisnya
08 May

Pengertian Digital Marketing, Sejarah & Jenisnya

By Admin

Perkembangan teknologi membawa kita ke era serba digital, termasuk untuk pemasaran sebuah produk. Istilah digital marketing yang kini tengah populer juga membuat banyak orang penasaran. "Apa itu digital marketing?". 

Digital marketing atau yang biasa disebut dengan online marketing/internet marketing/web marketing adalah sebuah bentuk pemasaran produk atau jasa dengan mengandalkan media elektronik untuk menjangkau konsumen.

Digital marketing memang baru berkembang pesat sekitar beberapa dekade terakhir atau tepatnya ketika smartphone marak diproduksi. Padahal, cikal bakal digital marketing sudah didemonstrasikan oleh Guglielmo Marconi pada 1896 lewat "transmisi publik sinyal nirkabel" atau yang dikenal dengan radio.

Kala itu, Marconi terus mengembangkan penemuannya hingga masyarakat dapat menggunakan radio untuk penjualan barang. Sampai akhirnya, radio digunakan untuk menjual pertunjukan opera, dan dari sanalah strategi digital marketing dimulai. 

Jenis digital marketing

Harus diakui, pencapaian marketing konvensional seperti billboard sudah mulai mengalami penurunan. Sebagai contoh, banyak orang lebih senang melihat ponsel ketika tengah menghadapi kemacetan ketimbang melihat pemandangan sekitar kendaraan. 

Ini artinya digital marketing memiliki potensi yang sangat besar di pasar sekarang. Bahkan, sebuah penelitian di Amerika Serikat menunjukkan lebih dari 11 jam setiap hari. Wah! 

Secara general, digital marketing terbagi menjadi dua jenis, online dan offline. Untuk digital offline marketing sendiri terbagi kembali menjadi empat akar utama yaitu peningkatan offline marketing seperti billboard elektronik, marketing radio, marketing televisi, dan marketing telepon.  

Sementara digital online marketing yang kini tengah banyak diminati para pengiklan terbagi dalam tujuh kategori lagi yang meliputi Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), Content Marketing, Social Media Marketing (SMM), Pay-per-click (PPC) Advertising, Affiliate Marketing, dan Email Marketing.

Bagaimana? Seperti itulah pengertian, sejarah serta jenis digital marketing. Yuk, maksimalkan bisnis Anda secara online dengan Bluwave.ID. Click to contact us!