Seberapa Penting SEO dalam Bisnis Digital?

Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO merupakan elemen yang cukup penting dalam bisnis digital. Keberadaan SEO mampu memberikan visibilitas dalam menarik pelanggan di era kemajuan digital seperti sekarang.

Search Engine Optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO merupakan elemen yang cukup penting dalam bisnis digital. Keberadaan SEO mampu memberikan visibilitas dalam menarik pelanggan di era kemajuan digital seperti sekarang.

Menurut data yang dihimpun berbagai sumber, kini sudah lebih dari 80% pelanggan akan melakukan pencarian online sebelum akhirnya memutuskan membeli barang yang mereka incar. Tentunya hal ini akan membawa fakta baru; brand yang tidak memiliki eksistensi yang kuat di ranah online akan terbelakang dalam persaingan bisnis digital.

Bagaimana menimbulkan eksistensi brand di ranah online? Jawabannya tentu saja salah satunya dengan strategi SEO. Yap, sebuah situs web dengan SEO konten yang kuat mampu membangun kredibilitas di SERP. Penggunaan kata kunci yang relevan mampu menarik perhatian dari calon pelanggan dan membawanya menuju situs web brand atau merchant official store brand tersebut.

Pada dasarnya, SEO merupakan strategi brand menggunakan konten untuk menguatkan di sistem pencarian seperti Google. Kendati hingga sekarang, tidak ada seorang pun yang mengetahui tepat tentang algoritma Google, para ahli SEO telah mampu mengetahui sejumlah faktor yang mampu meningkatkan peringkat situs dengan mengandalkan SEO on page dan off page.

Sekadar untuk diketahui, SEO on page mencakup pada konten dalam situs yang berkaitan dengan pengoptimalan keyword lewat isi konten, tag judul, deskripsi meta, URL, dan beberapa faktor lainnya. Sementara SEO off page di mana konten dalam situs akan ditautkan ke konten yang sesuai, baik masih dalam situs itu sendiri maupun luar situs. Lalu lintas backlink ini sangat penting dalam menenuntukan peringkat situs di SERP.

Saat sebuah konten mendapat peringkat tinggi di SERP, maka konten tersebut memiliki peluang besar untuk menarik perhatian. Menurut riset Smart Insight, sekitar 30% klik akan masuk ke posisi pertama SERP, lalu menurun jadi 12%  di posisi ketiga, sementara di posisi 9 & 10 hanya ada sekitar 2% klik saja.

Melihat pentingnya visibilitas sebuah halaman web di Google bagi keberhasilan bisnis melalui online marketing, menjadikan strategi SEO yang menyeluruh dan terencana adalah sangat penting. Ini juga adalah salah satu alasan BLUWave sebagian besar memfokuskan strategi online marketing melalui SEO. 


Tertarik untuk meningkatkan performa SEO Anda? 

Hubungi kami melalui email, dan kami akan segera menghubungi Anda kembali. 

Related Blogs